Day 4 – Pencerahan

July 2, 2010 - 1:11 pm No Comments
Tidak seperti hari biasanya, hari ini gw dan Rani bangun cepat, tapi setelah bangun kami shalat subuh dan langsung membuka laptop, keasyikan bermain laptop tanpa sadar jam sudah menunjukkan pukul 7.15 dan kami belum bersiap-siap untuk berangkat ke kantor. Sehingga hari ini kami nyaris telat.

Di kantor seperti biasanya kami memulai aktifitas, hari ini kami kedatangan teman baru yang juga PKL di MEPPO kebetulan dia juga akan mengkaji mengenai stereolithography namun dari segi hardwarenya karena jurusannya adalah teknik mesin.

Pencerahan

Siang ini gw dan chawang bertemu dengan supervisor kami Pak Sanny. Akhirnya setelah berbincang-bincang kami sedikit memperoleh pencerahan mengenai tugas yang akan kami lakukan. Kami harus membuat algoritma yang seoptimal mungkin untuk mencari laser trajectory, kami harus terlebih dahulu mencari facet yang dilewati oleh setiap bidang potong z, dan juga mencari titik potong untuk setiap layer pada setiap segitiga/facet yang ada di permukaan benda (segitiga yang diperoleh dari STL). Pencarian facet dan titik potong ini lah yang menjadi masalah karena dalam proses pencariannya terdapat berbagai macam kendala yang paling utama adalah waktu untuk running programnya. Nah ini lah tugas gw dan chawang, yaitu mencari algoritma yang paling optimal agar program ini dapat berjalan dengan cepat.

Tugas pertama kami adalah

  1. Mendesign database untuk penyimpanan data-data, seperti segitiga apa aja yang ada dalam suatu bidang, vertek-vertek yang membentuk segitiga, dan titik potong segitiga dengan bidang z. Format database yang digunakan boleh apa saja asal mempermudah nantinya
  2. Membuat flowchart awal dari algoritma yang akan dikembangkan.

Begitulah perkiraan awal tugas yang harus kami selesaikan, gk kerasa jam sudah menunjukkan pukul 4 pm, dan sudah waktunya pulang. sebelum pulang kami sempat foto2 terlebih dahulu. Berikut adalah wajah-wajah mahasiswa PKL yang baru saja bertemu dengan supervisor masing-masing.

Setelah siap-siap pulang tak lupa kami shalat terlebih dahulu. Sesampai di mess ternyata mbak Ri*a teman satu mess kami belum pulang, dan berhubung kami belum mempunyai kunci mess tersebut makanya kami terpaksa menunggu di luar sampai mbak Ri*a pulang, untung tidak terlalu lama. Sore itu gw sangat kelelahan, sampai di kamar langsung membaringkan badan dan beberapa saat kemudian langsung tertidur. Ketika bangun gw juga melihat Rani ikutan tidur. hehe, sepertinya hari ini adalah hari yang sangat melelahkan. Tapi seru karena mendapatkan pencerahan mengenai tugas yang akan dilakukan.
Semangat selalu buat kita semua.

Leave a Reply